Mobil Eropa di Indonesia - Terbaik dan Berkualitas

Mobil Eropa di Indonesia | Jika kita perhatikan, ada banyak beredar mobil Eropa di Indonesia. Sebut saja mulai dari Merek Mercedes Benz, BMW, VW, Peugeot, Renault dan lainnya. Dari sekian banyak mobil Eropa tersebut menawarkan kelebihan dan keistimewaan masing-masing. Mobil Eropa memang dikenal dengan kualitas dan kecanggihan teknologinya.

Salah satu Mobil Eropa di Indonesia yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang murah adalah Renault. Renault S.A. (Euronext: RNO) adalah sebuah produsen kendaraan Perancis yang didirikan pada tahun 1899. Perusahaan ini memproduksi mobil berukuran kecil hingga menengah, van, bus dan truk pada masa lalu. Pada tahun 2011, Renault merupakan produsen terbesar ketiga di Eropa, di belakang Volkswagen Group dan PSA serta produsen terbesar kesembilan terbesar di dunia pada tahun 2011.

Berkantor pusat di Boulogne-Billancourt, Grup Renault sebagai produsen mobil Eropa di Indonesia terdiri dari merek Renault; perusahaan mobil Rumania, Automobile Dacia (99%); serta produsen mobil Korea Selatan, Renault Samsung Motors (80%). Renault mempunyai 43.4% saham di Nissan, serta 25% saham AvtoVAZ (Rusia) dan 1.55% saham di Daimler AG (Jerman). 

Mobil Eropa di Indonesia - Terbaik dan Berkualitas
Mobil Eropa di Indonesia - Terbaik dan Berkualitas

Renault juga memiliki divisi RCI Banque (keuangan otomotif), Renault Retail Group (distribusi) dan Motrio (suku cadang). Renault Trucks, dulunya Renault VĂ©hicules Industriels, telah menjadi bagian dari Volvo Trucks sejak 2001. Renault Agriculture dibeli oleh perusahaan pertanian Jerman CLAAS tahun 2008. 

Sebagai Produsen Mobil Eropa di Indonesia Renault memiliki beberapa joint ventura, diantaranya Oyak-Renault (Turki), Renault Pars (Iran), Dongfeng Renault (Tiongkok). Carlos Ghosn adalah CEO dan chairman saat ini. Pemerintah Perancis juga memiliki 15% saham Renault. Karena aliansinya dengan Nissan, aliansi Renault-Nissan menjadi produsen keempat terbesar di dunia.

Bulan Maret 2010 aliansi Renault-Nissan Sebagai produsen mobil Eropa di Indonesia membuka fasilitas patungan bersama di Chennai, India, dengan investasi 45 milyar rupee (US$991.1 juta). Fasilitas ini memproduksi Nissan Micra, Renault Fluence dan Renault Koleos yang diproduksi secara completely knocked-down (CKD). 

Karena telah mempunyai pabrik sendiri, Renault menghentikan joint ventura Mahindra Renault dengan perusahaan Mahindra & Mahindra untuk memproduksi dan menjual Renault Logan di India.

Salam


Komentar